Organ Jantung Manusia Serta Keterangan dan Fungsinya


Organ Jantung Manusia Serta Keterangan dan Fungsinya - Organ jantung adalah salahsatu organ vital didalam badan manusia. Kita seringkali menerima dokter menasihati kita untuk senantiasa memberikan penjagaan yang ketat terhadap orga jantung yang kita punyai, dengan cara menjaga blood pressure agar selalu di ambang batas normal, mengatur pola makan, senantiasa berolahraga, dan menjaga beban agar tidak berlebihan
Organ Jantung Manusia Serta Keterangan dan Fungsinya

Organ Jantung Manusia

Jantung adalah salahsatu organ vital yang mempunyai peranan yg penting dalam menyeimbangkan sistim hemodinamik di badan manusia. Kita bisa membagi organ jantung menjadi beberapa bagian, beberapa diantaranya adalah:

Bagian Jantung Manusia Beserta Fungsinya

Jantung adalah organ utama didalam sistim kardiovaskular. Organ jantung memiliki organ yang berotot, apex, dan dasar jantung, atrium kiri dan kanan, serta ventrikel kiri dan kanan.

Ukuran dari organ jantung mempunyai tebal (kurang-lebih) 12cm, berat 7-15 ons. Dalam setiap hari, organ jantung manusia bisa berdetak 100.000x dan memompa 2000galon atau 7.571 lt darah manusia. Posisi dari organ jantung ini terletak di kedua paru dan ada ditengah-tengah thorax.
Fungsi organ jantung manusia adalah untuk menyediakan oxygen ke setiap bagian tubuh dan membantu tubuh dalam mengolah metabolisme yang berupa karbondioxide. Jantung melaksanakan tugasnya dengan cara men jama' darah yang kurang oxygen dari seluruh tubuh & mengompa kedalam organ paru paru. Lantas proses ini dilanjutkan dengan mengambil oxygen dan membuang karbondioxide. Lantas jantung mengumpulkan darah yang kaya akan oxygen dari paru dan dikompa ke jaringan di setiap organ tubuh.

Ketika berdenyut, setiap ruangan di jantung melaksanakan relaxasi dan filling up darah di jantung, inilah periode diastol. Sebaliknya.. organ jantung berkontraksi supaya mengosongkan isinya yang lebih dikenali dengan periode sistol. Kedua serambi akan berkontraksi & mengendur dengan bersama sama. Dan kedua ventrikel pun berkontraksi & mengendur bersama sama demi melaksanakan mekanisme itu.


Di saat melaksanakan kontraksi, jantung menjadi berdenyut dengan baik. Hal ini dikarenakan mekanisme untuk mengalirkan listrik yang ditimbulkanya sendiri demi melaksanakan kontraksi ataupun memompa dan melaksanakn sistim listrik jantung. Elektrolit yang memiliki pengaruh dalam proses ini adalah; K+, Na+, Ca2+. Jika ada gangguan di elektrolit tadi, besar kemungkinan akan ada gangguan di mekanisme aliran listrik organ jantung yang dimiliki manusia.

Organ Jantung Manusia Serta Keterangan dan Fungsinya

0 Response to "Organ Jantung Manusia Serta Keterangan dan Fungsinya"

Posting Komentar